Senin, 17 Mei 2010

Tutorial Dasar Bikin Blog ll Blogger.com ll Part #1


Lagi-lagi bahasan kali ini buat para pemula,,seperti saia yang masih sangat pemula dan culunz… Saia anggap kawan-kawan sudah tahu apa itu Blog, jadi langsung sadja saia bagi informasi bagaimana cara bikin blog di Blogger secara sederhana.

Langkah Pertama

- Sebelum memulai Blogging, tentu saja harus memiliki email terlebih dahulu. Silahkan daftar di yahoomail, gmail, hotmail dsb. Contoh berikut adalah membuat account email di gmail.

- Buka browser dan ketikkan www.gmail.com


- Setelah Anda tekan “Enter” maka akan muncul tampilan seperti ini, kemudian klik “Sign Up for Gmail”.


- Isikan data diri dan masukkan password. Ada baiknya password merupakan kombinasi dari huruf dan angka. Lalu klik “Continue”.

- Tampilan berikutnya adalah seperti ini:


- Dengan adanya tampilan di atas berarti kawan sudah berhasil membuka account Email…emm,,gampang banget…Tapi ini belum selesai, karena baru account email yang di buat, account Blogger akan segera kita buat.

Langkah Kedua

- Untuk memulai Blogging, kawan harus mendaftar atau membuat account di Blogger. Berhubung kawan tadi udah buat account di Blogger maka tidak perlu membuat account di Blogger, hal ini sudah otomatis romantis dari sananya,,..

- Ketik di browser www.blogger.com dan tekan “Enter”, tampilannya seperti berikut:


Masukkan email gmail yang barusan daftar tadi, dan sandi/passwordnya. Klik “Masuk”.

- Setelah itu isi form yang ada dan beri tanda centang pada “Penerimaan Persyaratan”. Lalu klik “Lanjutkan”. Berikut tampilannya:


- Isikan nama blog kawan yang diinginkan, setelah itu klik “Lanjutkan”.


- Pilih Template sesuai selera, tampilannya seperti ini:


Setelah dipilih template-nya kemudian klik “Lanjutkan”.

And finally,,,blog kawan sudah berhasil dibuat…!!!,,gampangkan bru?? Ya begitulah cara bikin blog di Blogger yang dimulai dari buat account email terlebih dahulu dan pada akhirnya kawan bisa memiliki Blog.



Tunggu aja bru bahasan berikutnya, masih ada hubungannya dengan tutorial kali ini..yaitu cara memposting artikel. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat bagi kawan untuk memulai blogging :)

Tidak ada komentar: